4 Cara mengirim lead magnet otomatis

Ketika sebuah webiste sudah mulai populer dan banyak sekali para pengunjung mendaftarkan email mereka untuk mendapatkan lead magnet yang telah kita janjikan. Anda pasti akan sangat kerepotan jika harus mengirimi mereka email secara manual.

Bayangkan saja jika seharinya ada sekitar 150 lebih pendaftar. Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk mengirimi mereka email satu per satu. Apalagi jika anda adalah tipe orang yang super sibuk.

Karena masalah itulah artikel ini di buat untuk memudahkan anda mengirimkan lead magnet kepada target market anda secara otomatis.

Ada 4  cara. Namun sebelum kita melanjutkan, alangkah baiknya kita mengenal terleih dahulu beberapa software pilihan yang akan membantu anda untuk mengirimkan lead magnet secara otomatis.

Pilihan 1 > LeadPages

LeadPages logo

Jika ingin yang paling lengkap, anda bisa menggunakan tool ini.

Kelabihan :

  1. Sangat mudah di gunakan
  2. Dapat di gunakan di berbagai jenis website
  3. Bisa di gunakan untuk menbuat landing Page dengan syarat anda harus memiliki website sendiri.
  4. Punya fitur A/B test
  5. Fitur Tracking dan analytic sangat lengkap
  6. Lead magnet akan di kirim secara otomatis lewat email

Kekurangan

  1. Lebih mahal
  2. Banyak fitur yang tidak anda butuhkan
  3. Optin form dan landing page kurang fleksible
  4. Butuh biaya tambahan untuk emai service

Pilihan 2 > ThriveLeads

ThriveLeads Logo

Jika anda memilik menggunkanan ini, anda harus memiliki wordpress self hosted. Desain TriveLead sangat fleksible, anda dapat merubah tampilannya sesuai dengan keinginan anda.

Kelebihan

  1. Desai fleksible
  2. Memiliki optin form yang bervariatif
  3. Fitur analytic cukup lengkap
  4. Fitur A/B
  5. Dapat mengirimkan lead magnet secara otomatis, namun harus memiliki email service profider tambahan
  6. Bayar sekali seumur hidup

Kekurangan

  1. Hanya dapat di gunakan di wordpress
  2. jika memiliki benyak web, semua datanya harus terpuisah-pisah dari masing-masing webiste.
  3. Butuh biaya tambahan untuk email service profider
  4. Belum bisa untuk melakukan pengelompokan jenis kebutuhan target market anda

Pilihan 3 > ConvertKit

Logo ConvertKit

Jika and menggunakan tool ini, anda akan mendapatkan 3 fungsi dalam 1 produk.

Kenapa saya menyebutkannya demikian?

Jika ThriveLeads dan LeadPages, keduanya adalah software untuk membuat optin form dan mengirimkan lead magnet.

Sedangkan untuk mengelola email list dari orang-orang yang mendaftar, anda butuh email service seperti MailChimp, Aweber, atau GetResponse.

Namun… jika anda menggunakan ConvertKit, anda tidak perlu menambahkan email service provider karena CovertKit merupakan email service provider. bahkan dengan fitur yang lebih lengkap.

Kelebihan 

  1. Tanpa memiliki webiste, anda sudah bisa membuat landing page
  2. Tidak perlu email service tambahan
  3. Lead magnet di kirim secara otomatis lewat email
  4. Memiliki fitur otomatisasi yang lebih canggih di banding dengan email service lainnya
  5. Relatif murah

Kekurangan

  1. Belum memiliki pilihan landing page dan optin form (tapi bisa di hubungkan dengan TriveLeads)
  2. Belum bisa di gunakan untuk mendapatkan informasi lai n selain email dan nama
  3. Karena masih baru, integrasi terhadap email service lainnya belum banyak

Pilihan 4> MailChipm dan SumoMe

sumome-site-logo

Kedua layanan ini juga gratis, jadi sangat cocok bagi anda yang sedang belajar dunia internet marketing namun sayangnya anda tidak bisa mengirimkan lead magnet tapi jangan hawatir pembaca anda akan langsung di bawa menuju halaman lead magnet anda.

kelebihan MailChimp + SumoMe:

  • SumoMe punya versi gratis
  • MailChimp gratis sampai 2000 subscriber pertama

kekurangannya:

  • Pengaturan awal lebih repot
  • Lead magnet tidak bisa dikirimkan secara otomatis, harus dikumpulkan di dalam satu halaman
  • SumoMe versi gratis fiturnya sangat terbatas, sedangkan versi premiumnya mahal
  • MailChimp versi gratis tidak bisa mengirimkan email secara otomatis
  • Tidak bisa melakukan segmentasi

Itulah kelebihan dan kekurangan software yang dapat membantu anda untuk mengirimkan email otomatis kepada target market anda.

Kali ini saya akan memberikan tutorial pilihan ke 3 kepada anda..

Saya akan menggunakan ConvertKit.

Langkah 1 > Daftar di ConvertKit

Harga paket termurah di ConvertKit adalah $29 untuk 0-1000 subscriber

Langkah 2A > Buat form baru di ConvertKit

Di ConvertKit anda bisa membuat banyak form. Ini sangat berguna bagi anda yang memiliki lead magnet lebih dari satu agar  dapat di bedakan berdasarkan kelompok user target market anda sesuai dengan tahapan buyer journey.

masuklah ke menu form > klik Creat form

Buat form baru di ConvertKit

Anda akan di berikan dua pilihan, membuat landing page atau form, Pilihlah form.

Setelah itu, pilih desain templatenya. Anda bisa merubah tulisan warna dan yang lainnya sesuai dengan selera anda.

Klik save, kemudian View untuk melihat isinya.

Mengubah tampilan form

Lalu, masuklah ke menu setting.

Jika anda memiliki banyak form, maka anda harus memberikan nama yang berbeda untuk setiap form.

Pengaturan form di convertkit

Di sini anda juga bisa mengatur, ke halaman mana pengunjung akan di arahkan setelah melakukan registrasi.

Selanjutnya masuk ke menu Incentive Email dari sebelah kiri.

Upload lead magnet

Disinilah anda bisa mengubah apa isi email yang dikirimkan kepada pendaftar dan mengupload lead magnet anda.

Setelah selesai, klik Save.

Langkah 2B > Membuat LandingPage dengan ConvertKit

Ini kalau anda tidak punya website, maka anda harus membuat landing page. Di landing page inilah para pengunjung bisa mendaftar.

Lalu pilih desain yang paling anda sukai.

Setelah itu anda bisa mengubah warna dan tulisan-tulisan di dalamnya supaya sesuai dengan selera anda.

Contoh landing page Convertkit

jika sudah selesai klik save.

Lalu menuju ke menu setting.

Prosesnya sama ketika anda membuat form.

Langkah 3 > Pasang form ke website anda.

Ini khusus bagi anda yang menggunakan form, jika menggunakan landing page maka proses anda sudah selesai sampai di sini.

Kita kembali ke menu Settings tadi.

Kemudian masuk ke menu Style.

Di bagian “Show this form as”, ada 3 pilihan:

  1. Inline: formnya akan muncul langsung di halaman anda
  2. Modal: halaman website anda digelapkan dan form anda muncul sebagai popup
  3. Slide-in: formnya akan muncul dari sebelah kanan bawah website

Pilih yang manapun sesuai kebutuhan anda. Setelah itu Save.

Sekarang kita masuk ke menu Embed.

Di sini anda akan melihat ada satu baris JavaScript, copy script ini.

Copy kode javascript ke website

Langkah terakhir, masuk ke website anda. Kemudian buka halaman dimana anda ingin menampilkan form tersebut.

Misalnya di gambar ini saya ingin menampilkan di dalam artikel di WordPress:

Paste kode javascript ke website

Klik Text sewaktu mengedit, kemudian paste script tadi di posisi yang anda inginkan.

(Kalau anda menggunakan Modal atau Slide-in, posisinya tidak berpengaruh)

Selesai!

Nah! sekarang setiap kali ada pengunjung yang mendaftar, anda akan langsung bisa mengirimkan lead magnet anda dan mendapatkan list email dari pendaftar.

 

Menggunakan MailChimp dan SumoMe

Pertama > Daftar ke Mailchipm dan buatlah list baru.

Membuat list baru di MailChimp

Ke dua > Daftar dan isntalasi di akun SumoMe

Masukkan alamat website anda. Lanjutkan dengan memasukkan alamat email dan password.

Setelah itu anda akan dibawa ke halaman ini:

Cara instalasi akun sumoMe

Di halaman ini ada panduan instalasi untuk WordPress, Blogger, Tumblr, dan platform website lainnya.

Kalau anda tidak menggunakan CMS, copy kode JavaScript yang diberikan. Setelah itu paste di bagian heading HTML anda.

Hampir selesai.

Setelah itu, anda akan melihat kotak biru seperti ini di pojok kanan atas website anda:

Tombol login SumoMe

Klik, lalu buka Sumo Store.

Install aplikasi bernama List Builder.

Ketiga > Menghubungkan SumoMe dengan MailChimp

Buka list builder tadi,

Pengaturan list builder

Di menu sebelah kiri, klik Services. Kemudian klik logo MailChimp (paling atas). Akan muncul jendela popup.

Integrasi SumoMe dan MailChimp

Ikuti instruksinya sampai jendela ini tertutup otomatis.

Ke empat > Mempersiapkan halaman konfirmasi dan halaman lead magnet

Buat 2 halaman ini di website anda:

Pertama, halaman konfirmasi: pengunjung akan dibawa ke halaman ini setelah mereka mendaftarkan emailnya. Tulis instruksi yang meminta mereka membuka email dan klik tombol konfirmasi dari MailChimp.

Ini contoh halaman konfirmasi:

Contoh halaman konfirmasi

Kedua, halaman terima kasih: setelah menekan tombol konfirmasi, mereka akan dibawa menuju halaman ini. Upload lead magnet anda kemudian taruh link-nya di halaman ini. Jangan lupa ucapkan terima kasih.

Ke lima: Pengaturan List Builder SumoMe

Buka lagi aplikasi List Builder anda dengan cara yang sama seperti di atas. Kemudian pilih menu Design di sebelah kiri.

Ubah tulisan dan warnanya sesuai selera anda. Kemudian save.

Mendesain popup

Selanjutnya, klik menu Behavior di sebelah kiri.

Atur Mode dan Frequency sesuai keinginan anda. Saya biasanya menggunakan Manual, display after 60 seconds, dan frequency 4 days.

Setelah itu ganti Success Redirect URLnya menjadi link ke halaman konfirmasi anda.

Pengaturan behavior SumoMe

Ke enam: Pengaturan terakhir MailChimp

Satu langkah lagi…

Buka MailChimp, masuk ke menu List dan klik nama list yang baru anda buat tadi.

Kemudian masuk ke menu Signup Forms.

Pilih General Forms:

Masuk ke general forms

Ganbar berikutnya ,

Mengatur halaman terima kasih di MailChimp

Tanda panah kedua adalah halaman yang berisi lead magnet anda.

Selesai.

Sekarang setiap kali ada yang mendaftar, mereka akan dikirimkan link konfirmasi dan dibawa ke halaman lead magnet anda.

Setelah menerapkan salah satu alternatif di atas, lead magnet anda siap dipromosikan.

 

Semoga tutorial kali ini mudah di pahami dan dapat anda aplikasikan . Semoga bermanfaat dan salam sukses.

 

Advertisements