Formula AIDA

Dengan menggunakan formula AIDA, kita bisa mengubah sebuah halaman kosong di layar komputer kita menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian sampai membuat orang lain mengambil tindakan. Apa sih Formula AIDA itu ? …..

AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action.

Sekarang kita bahas satu persatu.

1.Attention

Artinya copy yang kita buat harus segera mampu menarik   perhatian pembaca. menurut sebuah Penelitian dari SilverPop   yang dilakukan pada tahun 2013, kita harus bisa menangkap   perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang.

Lalu bagaimana kita menarik perhatian mereka?

Gunakanalah 3 elemen berikut ;

1.Judul/headline

2.Gambar

3.Kalimat-kalimat pembuka

2.Interest

Buatlah mereka tertarik dengan kita. Kalau kita sudah mampu   membuat perhatian mereke kepada kita sekarang buatlah   tertarik dengan kita. Buatlah mereka sadar akan besarnya   masalah yang mereka hadapi. Untuk memancing interest   sajikanlah hal berikut

Informasi/fakta

statistik

studi kasus

Kondisi idealnya

Alasannya

3. Desire

Buatlah mereka sangat-sangat menginginkan produk kita. Desire   mirip dengan Interest tapi bedanya kita kan bermain dengan   emosi dan logika

1.  Dengan menyebutkan benefits dan manfa’at.

awas, hati-hati jangan sampai keliru antara fitur dan   manfa’at. Ada perbedaan besar antara fitur dan manfa’at.   Fitur adalah hanya penjelasan isi atau komponen yang   kita berikan  melalui produk atau layanan kita.   Sedangkan manfa’at adalah keuntungan yang bisa   mereka rasakan seperti fitur

         2.Dengan memancing emosi negatif dan memberikan solusi

Mereka yang sudah mengikuti tulisan anda sejak tahap   attention sampai interest merupakan orang-orang yang   punya permasalahan spesifik.

Mereka adalah orang-orang yang frustrasi

4. Action

mengajak mereka untuk mengambil tindakan. apapun tindakan   yang anda inginkan, misalnya membeli produk, mendaftar,   membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon dan   lain-lain.

Terakahir adalah gabungkan keempatnya secara berurutan.

 

Advertisements