Analisa Persaingan Keyword

Website baru yang umurnya di bawah 3-6 bulan biasanya tidak akan bisa mendapatkan peringkat tinggi ketika bersaing dengan website yang usianya di atas itu. Untuk itulah kita sebaiknya mencari keyword dengan persaingan rendah dulu, supaya kita mendapatkan cukup banyak pengunjung tanpa perlu lama menunggu.Dengan begitu, reputasi kita di Google juga akan terbentuk.

  • Install MozBar atau SEOQuake

29

SEOQuake

Hasil-pencarian-setelah-instalasi-SEOQuake

30

MozBar

Hasil-pencarian-setelah-instalasi-MozBar1

Tool untuk menganalisa Keyword Pencarian, Gratis.

Bisa diinstal salah satu, Jika ingin sederhana bisa menggunakan MozBar tetapi jika lebih ingin detail bisa menggunakan SEOQuake

  • Lihat angka PageRank (PR) atau PA & DA

Analisa-PR-PA-dan-DA.png

PageRank atau PR adalah angka dari 0-10 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi website tersebut menurut algoritma yang dibuat secara resmi oleh Google.

PA (Page Authority) adalah angka yang dibuat oleh Moz dari 0-100 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi sebuah halaman website.(Tidak dari Google)

Sedangkan DA (Domain Authority) mirip dengan PA tapi untuk keseluruhan domainnya. Bukan per halaman

Jadi semakin tinggi PR, PA, dan DA, semakin sulit persaingannya.

  • Lihat jumlah dan kualitas backlink

Analisa-jumlah-dan-kualitas-backlink

Backlink juga lah yang mempengaruhi angka PA, DA, dan PR.

Karena itu, semakin banyak backlink berarti semakin sulit persaingannya.

Ini untuk SEOQuake:

  • L: jumlah backlink ke halaman tersebut
  • LD: jumlah backlink ke keseluruhan domain

Dan ini untuk MozBar, seperti gambar di atas ada 2 bagian:

  • Kiri: jumlah halaman yang memberikan backlink ke halaman tersebut
  • Kanan:  jumlah halaman yang memberikan backlink ke keseluruhan domain

Sedangkan RDs (root domains) berarti jumlah domain yang memberikan backlink.

 

  • Lihat judul dan topik kontennya

Kesesuaian antara apa yang dicari orang-orang melalui keyword tersebut dengan hasil yang ditampilkan oleh Google.

Sebagai mesin pencari, Google pasti ingin menampilkan hasil yang pas.

Kata-kunci-dan-hasilnya-tidak-relevan

  • Lihat langsung kualitas konten dan websitenya

Google selalu akan berusaha menampilkan website dengan konten terbaik di posisi teratas, karena orang-orang akan puas kalau diberikan konten yang terbaik.

Maka dari itu, kunci utamanya adalah kualitas.

Advertisements