Cara Mengukur Kinerja SEO

Setelah mengerjakan beberapa pekerjaan tentang SEO, jangan anggap pekerjaan kita sudah selesai

SEO adalah teknik yang berkelanjutan, artinya seorang pemilik website (praktisi SEO) harus terus mengamati kinerjanya di website mereka sambil melakukan usaha-usaha untuk memaksimalkan SEO.

Untuk mengoptimasi secara maksimal, kita harus mengetahui apa saja yang terjadi di website kita, apakah data angka naik atau malah turun, dengan demikian kita dapat melakukan perbaikan pada teknik SEO kita.

Berikut hal yang harus kita ketahui, dan kita harus sudah melakukannya.

  1. On-page SEO : Optimasi halaman website
  2. Off-page SEO : Optimasi halaman website
  3. Prinsip content marketing dalam SEO

Setelah itu, kita dapat meng-Evaluasi kinerja SEO kita dengan melakukan langkah-langkah seperti berikut.

  1. Integrasikan Search Console dan Google Analytics

Kita bisa menggunakan tools ini untuk mengukur kinerja SEO kita, tool ini dari google, sangat bermanfaat sekali untuk menunjang optimasi website kita, jika website kita telah mempunyai sitemap berformat xml, maka kita dapat mendaftarkannya ke search console untuk memudahkan google meng-indexnya (membaca situs kita).

  1. Kita dapat menginstal Google Analytics terlebih dahulu
  2. kemudian masuk ke Search Console dan tambahkan website kita.

Kedua tools ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengumpulkan data.

  1. Lakukan Crawling Dengan Alat Bantu

Mesin pencari selalu menjelajah halaman-halaman website sambil mengumpulkan informasinya, inilah yang disebut crawling.

Hal ini juga yang akan kita lakukan pada website kita. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya broken link, error page, duplikat internal, dan meta tag yang kosong.

Tools yang bisa kita gunakan adalah :

  1. ScreamingFrog SEO Spider
  2. Wildshark SEO Spider
  3. BeamUsUp SEO Crwaling Software

Download salah satu atau semuanya, kemudian scan website kita menggunakan software tools diatas. hasil scan yang keluar dapat kita pergunakan untuk perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.

  1. Riset Kata Kunci Lebih Lanjut

Usahakan dalam setiap menaruh/menyisipkan kata kunci ada di setiap :

  1. Judul
  2. Meta description
  3. Konten

Lakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum kita membuat keyword.

  1. Analisa Performa Konten

Konten mempunyai pengaruh yang sangat besar di bandingkan struktur website lainnya. hampir 80% dari keseluruhan hal yang kita lakukan adalah berisi konten, sehingga dalam penerapannya, SEO di pengaruhi oleh/dari konten yang kita buat.

Pengunjung, dalam hal ini adalah manusia, lebih menyukai konten yang memuaskan baginya, sehingga mesin pencari akan memberikan peringkat yang bagus kepada konten yang memuaskan.

 

Advertisements