Keyword Research

Riset kata kunci (Keyword Research)

Dengan melkukan research kata kunci (keyword) dalam website akan memudahkan website kita dikenali pengunjung kalau keyword kita sudah tertarget. Ibaratnya User melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword, dan mesin akan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Salah satu tool untuk Keyword Research adalah Googel Keyword Planner yang tentunya lebih akurat karena tool tersebut dimiliki oleh google. Untuk pencarian keywrd sangat mudah. Pertama kali buka google keyword planner

  1. Masukkan keyword, anda bisa masukkan lebih dari satu. Untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci gunakan koma atau line break
  2. Atur negara target
  3. Pilih bahasa
  4. Klik ‘get ideas’

 

Kira-kira seperti ini : Contoh keyword yang saya targetkan adalah beli motor. Jika ada 320 orang yang mencari dengan kata kunci beli motor dalam sebulan. Di lain pihak, kalau saya ganti dengan “jual motor” ternyata hasilnya 1.900, ini artinya yang mencari jual motor lebih banyak daripada beli motor. Dengan memanfaatkan pengetahuan kita mengenai on-page SEO dari bab sebelumnya, maka kita bisa mengoptimasi halaman website kita dengan menggunakan kata kunci jual baju daripada beli baju.

Seperti inilah inti dasar dari riset kata kunci.

Mencari kata kunci dengan persaingan rendah

Dalam melakukan riset kata kunci, biasanya kita sebagai pemilik website baru mengincar yang persaingannya rendah. Ini karena website baru biasanya belum memiliki “pondasi” yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaingan dengan website besar.

Long Tail Keyword

Yaitu ekor dari sebuah keyword . contohnya  Baju Hijau kemudian long tail keywordnya Beli Baju Hijau. Kalau Baju Hijau biasanya pengunjung hanya akan mencari informasi dari Baju Hijau tersebut sedangkan untuk Beli Baju Hijau kemungkinan pengunjung akan membeli baju berwarna hijau, itu contoh untuk web e-commerce.

Itulah penjelasan tentang Riset Kata Kunci atau Keyword Research, terima kasih semoga bermanfaat

 

 

 

Advertisements