Cara Mengetahui Trafik Website dengan Awstats

Mendapatkan informasi pengunjung website tidak harus menggunakan penyedia layanan analytics seperti HiStats, StatCounter, atau Google Analytics. Bila anda membeli paket web hosting yang menggunakan cPanel maka anda sudah mendapatkan satu aplikasi analisa traffic dan pengunjung website tanpa perlu memasang script apapun di website anda.

 

cpanel itu memiliki banyak fitur untuk memanage website. Mulai memindai/scan virus, mengatur password database, menginstall CMS, menyimpan file-file website,  hingga mengetahui trafik pengunjung website, semuanya tersedia di fitur cpanel.

Salah satunya yang ingin saya bahas kali ini adalh tracking pengunjung website yang tersedia gratis dan menjadi fitur standar di cPanel, yaitu Awstats.

Keunggulan dalam menggunakan Awstats sebagai sumber informasi analisa dan statistik pengunjung tidak terbatas meringankan kecepatan muat website anda karena tidak perlu memanggil dan memuat script dari luar website anda. Apalagi fitur yang diberikan juga sama atau bahkan lebih baik tergantung pada apa yang anda ingin ketahui.

Berikut langkah-langkahnya cara mengetahui statistik pengunjung.

  1. Anada masuk pada akun hosting cpanel anda
  2. kemudian anda cari pada kategori “logs” dan kemudian cari menu “awstats” “awstats” yaitu fitur untuk merecord statistik pengunjung website. lihat pada gambar :cpanel-logs
  3. Setelah masuk pada menu “logs” Anda akan diberikan pilihan nama domain yang berada dalam web hosting anda, pilih yang anda ingin ketahui data – datanya.cpanel-awstats

Apa saja aktivitas pengunjung yang bisa diketahui Awstats?

Awstats merupakan aplikasi untuk record/ rekam aktivitas pengunjung yang hebat, dengan integrasinya pada cPanel makin mudah pula aksesnya. Sebelum anda bingung memasang tracking website dari beberapa layanan eksternal sebaiknya anda perlu memahami dulu apa yang ditawarkan oleh Awstats.

Tampilan awal Awstats secara default adalah pada bulan ini, anda juga bisa mengubahnya ke bulan – bulan sebelumnya bila ingin melihat informasi dari pengunjung website anda pada bulan-bulan sebelumnya.awstats-summary-

Secara sekilas akan terlihat berapa pengunjung website anda dalam bulan itu, berapa halaman yang dilihat dan juga bandwitdh yang terpakai oleh website anda.

Kemudia Anda juga bisa melihat negara asal pengunjung website anda, jumlah halaman yang dibuka, bandwidth yang digunakan dan berapa jumlahnya.awstats-countriesSelanjutnya Anda bisa mencari informasi berapa kali website anda di-crawl oleh bot mesin pencari asalnya juga bisa diketahui, berikut kapan kunjungan terakhirnya.awstats-robots-spiders-visitorsSelanjutnya memberikan informasi berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di website anda, juga dengan jumlahnya dan rata – rata waktu dalam detik.awstats-visits-durationMengetahui halaman terpopuler dari website anda akan bisa dengan mudah.awstats-pages-urlAnda bisa tahu sistem operasi apa yang digunakan oleh pengunjung situs anda?awstats-operating-systems-640x171Browser apa yang paling populer digunakan oleh pengunjung situs web anda bisa dengan mudah diketahui.awstats-browsers-640x221Asal pengunjung sebelum ke website anda bisa dilihat juga, misal menggunakan search engine apa atau berasal website mana sebelum berkunjung ke situs anda.awstats-connect-to-the-site-from-640x282Apakah website anda sehat – sehat saja? Anda bisa melihat statistik error yang terjadi di website anda, sehingga anda bisa mengetahui apa letak kesalahan dan mempersiapkan cara mengatasinya.awstats-http-status-codePerlu nada ketahui sebenarnya masih banyak fitur yang disediakan yang saya sebutkan disini adalah sebagian saja. untuk lebih detailnya anda bisa belajar dan mencoba sendiri pada hosting cpanel anda.

Dari segi tampilan Awstats memang tidak lebih baik dari para para pesaingnya tapi dari segi fiturnya tidak kalah bahkan lebih baik dibanding layanan yang melacak aktivitas pengunjung lainnya.

Advertisements